Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Otto (Otocinclus affinis)

Ikan Otto/ Otocinclus affinis
via wikipedia.org
Ikan otto atau Otocinclus affinis atau golden otocinclus yang mempunyai nama ilmiah Macrotocinclus affinis adalah salah satu ikan pemakan alga (alga eater). Ikan ini termasuk hewan herbivora. Ikan otto bisa digunakan sebagai pembersih akuarium karena bisa memakan lumut dan alga serta ukuran tubuhnya yang mini. Ikan otto hanya tumbuh sekitar sampai empat centimeter saja. Ikan ini biasanya sering digunakan untuk mengendalikan ganggang di aquarium di rumah dan dikenal dengan nama Otocinclus affinis.

 

Klasifikasi  Ikan Otto 

Kingdom:     AnimaliaPhylum:     Chordata
Class:     Actinopterygii
Order:     Siluriformes
Family:     Loricariidae
Genus:     Macrotocinclus
Species:     M. affinis
Macrotocinclus affinis lebih menyukai akuarium dengan air yang bergerak cepat, substrat berpasir, dan banyak area untuk bersembunyi seperti pipa tanah liat tua rusak yang merupakan habitat persembunyian yang disukai). PH yang lebih disukai adalah sedikit asam dengan suhu tangki 21-27 ° C (70-81 ° F). Spesies khusus ini tidak sekuat spesies Otocinclus lainnya.

Harga ikan otto mahal karena mungkin disebabkan ikan ini merupakan ikan impor.  Habitat asli ikan otto (Otocinclus affinis) adalah dari Brazil Tenggara. Di Indonesia masih sulit menemukan ikan otto di pasaran.

Kunjungi:

Posting Komentar untuk "Ikan Otto (Otocinclus affinis)"