Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Pari Manta

ikan pari manta
via wikipedia.org
Ikan pari manta yang mempunyai nama ilmiah Manta birostris atau juga dikenal dengan nama ikan pari hantu merupakan salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Selain itu ikan pari manta juga punya beberapa nama lain di Indonesia seperti cawang kalung, plampangan, dan pari kerbau. Ikan pari manta bukanlah binatang yang berbahaya karena ekornya tidak beracun seperti ikan pari pada umumnya. Selain itu perilakunya juga kalem atau tenang serta menunjukkan perilaku yang bersahabat dengan para penyelam. Untuk mencari makan sendiri ikan pari ini tidak agresif mengejar-ngejar mangsanya. Mereka makan dengan membuka mulutnya sambil berenang sehingga plankton-plankton masuk ke dalam mulutnya.

Ikan pari manta memiliki sirip dada yang lebar dan ekor yang kecil sebagaimana ikan pari yang lain.  Tapi ekornya lebih pendek dan tidak beracun. ikan pari manta ini  bergerak dengan dengan menggelombangkan sirip dadanya dari depan hingga belakang. Ikan pari ini terlihat seperti sedang terbang di dalam laut. Selain itu kulit ikan pari mempunyai lendir yang tebal. Ciri khusus ikan peri jenis ini adalah ada sepasang tanduk di dekat mulutnya. Mungkin inilah yang menyebabkan ikan ini juga disebut pari kerbau. Sebenarnya yang disebut tanduk ini adalah sirip kepala yang digunakan untuk membantu mengarahkan plankton agar masuk ke mulutnya. Pari manta juga bisa melompat dari air.

Ikan pari manta bisa dijumpai di lautan tropis di seluruh dunia. Namun jumlahnya semakin langka meskipun statusnya masih belum terancam dari kepunahan. Hal ini bisa disebabkan karena tingginya kegiatan perikanan, tercemarnya air laut dan tingkat kelahiran ikan pari ini rendah. Selain itu salah satu judul artikel di detik finance menyebutkan kalau insang pari manta laku dijual rp 2,4 juta/kg karena dianggap 'obat Kuat'.

Ikan pari manta berkembang biak dengan cara ovivipar atau bertelur melahirkan yang berarti mereka bertelur tetapi telurnya menetas saat masih di dalam tubuh induknya.

Predator ikan pari manta adalah ikan hiu. Untuk melindungi diri sebenarnya ikan pari manta tidak punya alat pertahanan khusus. Mereka hanya mengandalkan kemampuan berenangnya, selain itu mereka juga bisa melompat dari air yang mungkin bisa digunakan untuk menyelamatkan diri dari musuhnya. Sirip dada ikan pari manta juga diketahui bisa untuk memukul pemangsanya.

Sumber:
Wikipedia
Kunjungi:

Posting Komentar untuk "Ikan Pari Manta"