Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Nila Berkembang Biak Dengan Cara Ini

Ikan nila berkembang biak dengan cara ovipar, yaitu berkembang biak dengan cara bertelur.
 
Ikan Nila
via wikipedia.org
Telur ikan nila bentuknya bulat dan warnanya kekuningan. Induk nila betina mempunyai kebiasaan unik setelah memijah, perialku ini disebut dengan mouth breeder, yakni ikan nila mengerami telur-telurnya dengan cara mengulumnya di dalam mulut (sumber: wikipedia). Memijah maksudnya melepaskan telur dan sperma untuk pembuahan (sumber: kbbi)

Begini proses perkembangbiakan ikan nila:

Proses perkembangbiakan ikan nila memang unik, ikan nila menyimpan telur-telurnya di dalam mulut untuk melindunginya dari ancaman hewan lain. Lalu bagaimana cara ikan nila betina ini makan saat sedang menyimpan telur-telurnya di dalam mulutnya? Selama menyimpan telur-telurnya, ikan nila mogok makan untuk sementara waktu.

Sementara itu, nila jantan mempunyai perilaku menguasai suatu wilayah. Ikan nila jantan lain yang masuk ke wilayah kekuasaannya akan di usir sedangkan jika yang memasukinya daerahnya adalah betina maka akan dibiarkan masuk. Selain itu nila jantan juga membuat cekungan di daerah kekuasaannya untuk menarik perhatian sang betina. Apabila sang betina tertarik, ia akan melepaskan telur-telurnya ke dalam cekungan tersebut. Kemudian nila jantan melepaskan sperma untuk membuahi telur-telur yang ada di cekungan buatannya. Selanjutnya, Ikan nila betina menyimpan kembali telur-telurnya di dalam mulut hingga telur-telur tersebut menetas. Larva-larva nila ini bisa hidup di dalam mulut induknya tanpa mencari makan keluar karena larva nila masih mempunyai cadangan makanan dari kuning telur yang menempel di tubuhnya. Apabila cadangan makanan ini habis, bayi-bayi nila ini akan berenang keluar dari mulut induknya untuk mencari makanan. Dan akan kembali ke mulut induknya apabila merasa tidak aman. Baru setelah  sekitardua minggu anak-anak nila ini bisa hidup mandiri dan meninggalkan mulut indyknya. (sumber: re-tawon.com).

Ya demikianlah cara perkembangbiakan ikan nila yang unik. Ikan nila berkembang biak dengan cara bertelur. Dan telurnya disimpan di dalam mulut, kemudian dikeluarkan untuk di buahi sang jantan dan di simpan lagi di dalam mulut sampai menetas. Terimakasih sudah membaca.

Kunjungi:

Posting Komentar untuk "Ikan Nila Berkembang Biak Dengan Cara Ini"