Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Ikan Arapaima

Sudah tahu apa itu ikan arapaima? Baru-baru ini Indonesia dihebohkan oleh berita mengenai ikan arapaima yang dilepasliarkan dan ditemukan di sungai Brantas. Sebenarnya ikan Arapaima ini ikan yang berbahaya jika dilepaskan di perairan Indonesia sehingga ikan ini termasuk salah satu ikan yang dilarang masuk ke Indonesia. Lalu kenapa ikan Arapaima ini dikatakan berbahaya? Berikut penjelasannya.
ikan arapaima
Sumber gambar: wikimedia common
Menurut Renny Kurnia Hadiaty seorang peneliti LIPI, ikan arapaima berbahaya dan mengancam keberadaan ikan-ikan yang ada di Indonesia. Hal ini karena ikan arapaima bersifat predator atau pemangsa hewan lain. Yang lebih mengerikan lagi, ikan arapaima tidak hanya memangsa ikan tetapi juga hewan lain seperti katak, udang, bahkan burung yang terbang dekat permukaan air.

Selain itu ikan ini juga bisa menjadi kompetitor bagi ikan predator lokal apabila dilepaskan ke sungai. Ikan ini bisa memenangkan kompetisi dengan ikan lain dalam memperebutkan makanan karena ukuran tubuhnya yang besar. Ikan arapaima bisa dengan cepat menghabiskan ikan-ikan kecil yang ada di suatu ekosistem. Belum lagi dengan daya adaptasinya yang baik sehingga bisa hidup dengan lingkungan yang buruk dan beroksigen rendah. Ikan ini bisa bereproduksi dan menghasilkan hingga 50 butir telur dalam sekali pembuahan.

Ikan arapaima jugamempunyai sifat yang agreif. Dengan begitu, ikan ini juga bisa berbahaya bagi manusia secara langsung karena bisa menyerang manusia atau anak kecil. Bukankah itu hal mengerikan jika saat memancing di sungai tiba-tiba di serang ikan besar.
Ikan arapaima sebenarnya dilarang masuk ke Indonesia berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41/Permen-KP/2014 tentang Larangan Pemasukan Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke dalam Wilayah Negara Republik Indonesia.

Berdasarkan uraian di atas jelaslah bahwa ikan arapaima memang berbahaya. Ikan arapaima bisa mengganggu dan merusak ekosistem perairan tawar di Indonesia apabila dilepaskan. Selain itu ikan araipama bisa menyerang manusia karena sifatnya yang agresif. Namun ikan ini sebaiknya bisa ditempatkan di taman akuarium untuk tujuan pameran. Dan keberadaannya harus didata agar terkontrol dan tidak terlepas ke perairan bebas. Itulah penjelasan mengenai “Bahaya Ikan Arapaima“.





Sumber: lipi.go.id

Posting Komentar untuk "Bahaya Ikan Arapaima"