Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hiu Paus Adalah Spesies Ikan Terbesar di Dunia

Hiu paus atau geger lintang (whale shark) disebut-sebut sebagai spesies ikan yang mempunyai ukuran paling besar di dunia. Ikan ini memang mempunyai tubuh yang besar. Menurut halaman WWF Indonesia di facebook, ikan ini pertumbuhannya bisa mencapai 18 hingga 20 meter dan beratnya bisa mencapai hingga 20 ton. Jadi, memang pantas hiu paus disebut sebagai spesies ikan terbesar di dunia.

hiu paus
Sumber gambar: wikimedia common
Meskipun ukurannya besar, hiu paus adalah ikan yang jinak dan tidak berbahaya bagi manusia. Ikan ini hanya memakan plankton, telur ikan, dan ikan-ikan kecil yang hidup berkelompok seperti ikan teri. Ikan ini memperoleh makanan dengan cara menyaring air laut menggunakan mulutnya. Mulut hiu paus berukuran besar yang di dalamnya berisi 10 lembaran penyaring dan sekitar 300 sampai 350 gigi-gigi kecil.

Hiu paus usianya bisa mencapai 60 tahun, bahkan bisa 100 tahun. Ikan ini mengalami kematangan reproduksi pada saat berusia 25 tahun. Dan bisa menghasilkan 1 ekor anakan untuk setiap periode reproduksi.

Populasi hiu paus terancam oleh aktivitas penangkapan. Penangkapan ikan ini bisa dengan cara sengaja atau tidak sengaja. Di Indonesia, hampir setiap tahun ada hiu paus yang terdampar atau terjerat jarring nelayan. Ikan ini merupakan hewan yang dilindungi oleh beberapa negara.

Ada hari yang dinamakan international whale shark day yaitu pada tanggal 30 Agustus.

Berikut adalah klasifikasi/taksonomi hiu paus.
Kingdom:Animalia
Filum:Chordata
Kelas:Chondrichthyes
Subkelas:Elasmobranchii
Ordo:Orectolobiformes
Famili:Rhincodontidae
(Müller dan Henle, 1839)
Genus:Rhincodon
Smith, 1829
Spesies:R. typus



Referensi:
Kontributor Wikipedia, "Hiu paus," Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Hiu_paus&oldid=13693143 (diakses pada Februari 11, 2018).
Halaman Facebook WWF Indonesia (25/08/2015)



Kunjungi:

Posting Komentar untuk "Hiu Paus Adalah Spesies Ikan Terbesar di Dunia"