Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ambergris Adalah Muntahan Ikan Paus, Ini Manfaat dan Ciri-cirinya

Muntahan ikan paus ternyata mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Muntahan ikan paus yang dimaksud adalah ambergris. Tampaknya Anda sebaiknya jangan mengabaikan sesuatu yang lembek, berbau dan membuat begidik yang Anda temukan di laut. Bisa jadi yang Anda temukan adalah ambergris. Menurut Wikipedia ambergris diproduksi di dalam sistem pencernaan paus sperma. Lalu kenapa muntahan ikan laut ini dihargai sangat mahal? Apa manfaatnya dan bagaimana ciri-cirinya?

ambergris
Sumber gambar: wikimedia common

Manfaat Ambergris (Muntahan Ikan Paus)

Ambergris mempunyai manfaat sebagai bahan pengawet parfum.  Sebagaimana dilansir tekno.tempo.co (14/11/2017) ambergris memiliki aroma mirip dengan musk. Awalnya memang ambergris berwarna hitam dan berbau tak sedap, namun setelah melalui proses, warna ambergris menjadi coklat lalu putih kekuningan dan aromanya berubah menjadi seperti musk. Karena langka, ambergris memiliki nilai jual yang tinggi.

Ciri-ciri Ambergris (Muntahan Ikan Paus)

Ciri-ciri ambergris yaitu mudah terbakar. Jadi Anda harus mengujinya dengan cara membakarnya untuk mengenali benda itu ambergris atau bukan. Namun untuk memastikannya perlu diteliti lebih lanjut di laboratorium.

Demikianlah artikel mengenai Ambergris atau muntahan ikan paus.

Sumber:
Wikipedia contributors, "Ambergris," Wikipedia, The Free Encyclopedia, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Ambergris&oldid=848411749 (accessed July 3, 2018).
Kunjungi:
Edutorial

Posting Komentar untuk "Ambergris Adalah Muntahan Ikan Paus, Ini Manfaat dan Ciri-cirinya"