Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Paus Humpback (Paus Bungkuk)

Paus humpback atau paus bungkuk adalah spesies paus balin, yaitu salah satu spesies rorqual yang terbesar.  Paus humpback memiliki nama ilmiah Megaptera novaeangliae. Paus humpback dewasa ukurannya berkisar dari 12 sampai 16 meter dan berat sekitar 36.000 kilogram. Paus humpback mempunyai bentuk tubuh yang khas, sirip dadanya panjang dan kepalanya menonjol. Paus humpback merupakan hewan akrobatik. Paus bungkuk jantan mengeluarkan lagu yang terdengar dan berlangsung 10 sampai 20 menit, dan mereka mengulanginya untuk beberapa jam pada satu waktu. Tujuan mereka menyanyi masih belum jelas, meskipun mungkin berperan dalam berpasangan dengan betinanya.

Paus  Humpback (Paus Bungkuk)
Sumber gambar: wikimedia common
Paus humpback ditemukan di samudra dan lautan di seluruh dunia. Paus bungkuk biasanya bermigrasi hingga 25.000 km (16.000 mil) setiap tahun. Mereka makan di perairan kutub, lalu bermigrasi ke perairan tropis atau subtropis untuk berkembang biak dan melahirkan, saat itu mereka berpuasa dan hidup dari cadangan lemak mereka. Makanan paushumpback biasanya terdiri dari krill dan ikan kecil. Mereka makan dengan cara membuka mulutnya lebar-lebar, lalu meneguk air, kemudian air itu dimuntahkan kembali dan ia mendapatkan mangsa dari air yang ia teguk itu.

Klasifikasi Paus Humpback

Secara taksonomi, paus humpback memiliki klasifikasi sebagai berikut.
Kingdom:Animalia
Filum:Chordata
Kelas:Mamalia
Subkelas:Eutheria
Ordo:Cetacea
Subordo:Mysticeti
Famili:Balaenopteridae
Genus:Megaptera
Gray, 1846
Spesies:M. novaeangliae
Referensi:
Wikipedia contributors, "Humpback whale," Wikipedia, The Free Encyclopedia, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Humpback_whale&oldid=847677844 (accessed July 3, 2018).
Kontributor Wikipedia, "Paus Bungkuk," Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Paus_Bungkuk&oldid=11977236 (diakses pada Oktober 26, 2016).
Kunjungi:

Posting Komentar untuk "Paus Humpback (Paus Bungkuk)"