Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Cupang

Pernahkah kalian melihat ikan cupang? Ikan cupang ini mempunyai bentuk yang indah dan berukuran kecil. Di Indonesia ikan cupang banyak digemari. Ikan cupang mempunyai daya tahan tubuh yang baik sehingga sanggup hidup di lingkungan air yang kotor dan minim. Untuk lebih jelasnya berikut adalah informasi mengenai ikan cupang.


ikan cupang
Nama / SpeciesIkan Cupang
Nama LatinBetta sp.
Kingdomanimallia
Phylum / DivisiChordata
FamilyOsphronemidae
GenusOsphronemus
DescriptionIkan Cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, ayaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini punya bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang secara umum dibagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Di Indonesia terdapat ikan cupang asli,salah satunya yaitu Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.
Patogen-
DampakTidak ada
Nama UmumIkan Cupang
Status di IndonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliKalimantan dan beberapa negara di Asia Tenggara
Penyebaran Daerah Asingwilayah Asia Tenggara, Pasific hingga ke Afrika.
Karakteristik KhususCupang yang berkualitas baik mempunyai sirip dan ekor yang berwarna terang. Siripnya terbuka harmonis dan sempurna, tidak ada bayangan lain di ujung-ujung ekor dan siripnya. Tidak ada jarak antara sirip bawah dan ekor (caudal) ataupun antara sirip-sirip (dorsal) punggung. Sirip-sirip merapat sempurna ketika ikan membuka dan memekarkan sirip-sirip mereka.

Demikianlah informasi mengenai ikan cupang. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

Referensi:

Posting Komentar untuk "Ikan Cupang"