Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Hari Telur Ikan Cupang Menetas?

Mungkin Anda bertanya-tanya berapa hari telur ikan cupang menetas? Jawabannya telur ikan cupang menetas sekitar 36 hingga 72 jam setelah pemijahan atau sekitar 2-3 hari. Lamanya penetasan telur dipengaruhi suhu air. Telur ikan cupang yang telah menetas ini disebut burayak.

burayak ikan cupang di sarang gelembung
Sumber gambar: wikimedia common
Ikan cupang betina tidak mempunyai peran dalam menjaga dan merawat telur atau burayak.  Itu adalah tugas ikan cupang jantan. Ikan cupang jantan menjaga telur dan sarang dari berbagai ancaman. Apabila ada telur yang jatuh makan si jantan akan mengambilnya lalu mengembalikan telur itu ke tempatnya.

Setelah telur menetas, burayak akan tetap berada di bawah perlindungan sarang gelembung sampai mereka bisa bertahan hidup sendiri. Jangan memberikan makanan apapun kepada burayak yang baru menetas. Biarkan burayak hingga kuning telur yang menempel di perutnya habis selama tiga hari. Setelah itu barulah bisa diberi makan kuning telur.

Demikianlah jawaban atas pertanyaan “berapa hari telur ikan cupang menetas?”. Jadi jawabannya adalah sekitar 2 sampai 3 hari.

Posting Komentar untuk "Berapa Hari Telur Ikan Cupang Menetas?"