Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Remora

Famili Echeneidae Remoras

Remoras merupakan sebuah famili. Remoras tumbuh dengan panjang 7 hingga 75 cm. Sirip punggung mereka unik yang merupakan modifikasi bentuk oval dan seperti penghisap. mereka berenang dengan baik dan gerakannya berliku dan melengkung.
ikan remora
Sumber gambar: wikimedia common
  • Karakteristik

Remoras hidup menempel pada hewan lain yang lebih besar seperti paus, hiu atau penyu. Hubungan ini bisa dikatakan sebagai simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan. Remoras (ikan-ikan remora) bisa bergerak di sekitar inangnya dan membersihkannya dari ektoparasit dan serpihan kulit, ikan-ikan remora juga terlindungi karena berada di dekat hewan besar tetapi bukan predatornya. Makanan ikan remora berupa feses dari hewan yang ditumpanginya.
  • Habitat

Habitat ikan-ikan remora berada di lautan terbuka tropis. Namun terkadang mereka juga ditemukan di perairan beriklim atau pesisir jika mereka menempel pada hewan besar yang menuju ke daerah itu.
Beberapa remora berasosiasi pada inang yang spesifik. Umumnya mereka dijumpai menempel pada paus, hiu, pari manta, kura-kura dan dugong. Ikan-ikan remora yang mempunyai ukuran yang lebih kecil juga bisa dijumpai pada ikan seperti tuna dan ikan todak.

Remora (Genus)

Remora yang kita bahas di atas merupakan sebuah famili.  Remora juga bisa mengacu pada genus. Berikut adalah beberapa spesies dari genus remora.
  •     Remora albescens (white suckerfish)
  •     Remora australis (penghisap paus)
  •     Remora brachyptera (spearfish remora)
  •     Remora osteochir (penghisap marlin)
  •     Remora remora (remora umum atau penghisap hiu)

Ikan Remora Umum (Remora remora)


Remora umum (Remora remora) adalah ikan laut pelagis milik keluarga Echeneidae. Remora umum memiliki sirip punggung menghisap dan sirip dubur. Tubuhnya bisa berwarna coklat, hitam atau abu-abu. Spesies ini dapat mencapai total panjang 86,4 cm, meskipun sebagian besar tidak panjangnya melebihi 40 cm. Berat maksimum yang diketahui dari spesies ini adalah 1,1 kg.
  • Simbiosis Mutualisme Ikan Remora dan Hiu

Ikan remora memiliki simbiosis mutualisme dengan inangnya. Inangnya memberikan aliran air yang deras untuk membersihkan insangnya, mengalirkan makanan, transportasi dan tempat perlindungan. Sedangkan inangnya mendapat keuntungan karena parasit-parasit di tubuhnya dihisap oleh ikan remora. ikan remora umum tidak dapat bertahan hidup di air yang tenang; dibutuhkan aliran air di atas insang untuk memberinya oksigen.
  • Habitat Ikan Remora Umum

Remora ini umumnya ditemukan di perairan laut yang hangat dan telah terlihat di Mediterania barat dan Atlantik, serta Laut Utara.
ikan remora
Sumber gambar: wikimedia common

Demikianlah penjelasan mengenai ikan remora. Jadi nama remora sebenarnya berarti luas karena merupakan famili. Selain itu remora juga bisa mengacu pada genus. Dan remora juga bisa mengacu pada spesies yaitu Remora remora yang merupakan jenis ikan remora yang umum atau remora penghisap hiu.
Referensi:
Wikipedia contributors, "Remora," Wikipedia, The Free Encyclopedia, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Remora&oldid=843010164 (accessed July 5, 2018).
Wikipedia contributors, "Remora (genus)," Wikipedia, The Free Encyclopedia, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Remora_(genus)&oldid=838795841 (accessed July 5, 2018).
Wikipedia contributors, "Common remora," Wikipedia, The Free Encyclopedia, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Common_remora&oldid=845416202 (accessed July 5, 2018).

Kunjungi:
Edutorial

Posting Komentar untuk "Ikan Remora"