Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan kod

Ikan Kod merupakan salah satu spesies ikan dari genus Gadus dan famili Gadidae yang hidup di samudera. Ada berbagai jenis ikan kod. Ikan kod merupakan spesies yang penting dalam pemancingan profesional. Ikan kod juga termasuk salah satu jenis ikan yang banyak dimakan. Hati ikan kod diolah untuk menghasilkan minyak hati ikan kod. Selain itu, bersama dengan ikan haddock dan plaice, ikan kod juga merupakan salah satu ikan yang umum dijadikan fish and chips.
Ikan kod
Sumber gambar: wikimedia common

Ikan kod termasuk jenis ikan yang sangat mudah berkembang biak. Sekali bertelur, induk ikan kod bisa menghasilkan jutaan telur. Hal inilah membuat populasinya melimpah di lautan.

Karakteristik Ikan kod

Ikan kod adalah spesies dari genus Gadus yang memiliki tiga sirip punggung dan dua sirip anus yang membulat. Sirip pelvisnya berukuran kecil dengan ujung yang memanjang dan berada di bawah penutup insang. Mata ikan kod berukuran sedang. Ikan kod memiliki garis putih yang memanjang sepanjang tubuhnya dari insang hingga ekor. Rata-rata ikan kod mempunyai berat sekitar 5–12 kg. Namun ada juga spesimen berukuran 100 kg yang pernah ditangkap. Ikan kod Pasifik umumnya berukuran lebih kecil dari ikan kod Atlantik, serta warnanya lebih gelap.

Ikan Kod Sebagai Makanan

Ikan kod adalah makanan populer yang mempunyai rasa yang tidak terlalu kuat namun padat. Hati ikan kod diproses menjadi minyak hati ikan kod, salah satu sumber utama vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan asam lemak omega-3.

Ikan kod Atlantik dijadikan lembaran tipis yang dikeringkan yang disebut dengan scrod. Di Inggris, ikan kod Atlantik dijadikan menu makanan yang populer yaitu fish and chips. Ikan kod adalah ikan yang paling banyak dikonsumsi di Portugal, Spanyol, Italia, dan Brasil. Daging ikan kod warnanya putih.


Referensi
Kontributor Wikipedia, "Ikan kod," Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Ikan_kod&oldid=13366498 (diakses pada 8 Juli 2018).

Posting Komentar untuk "Ikan kod"