Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Buntal

Ikan Buntal adalah ikan yang sangat mematikan karena mengandung racun yang disebut dengan tetrodotoksin. Sudah banyak kasus kematian pada manusia yang disebabkan oleh mengkonsumsi ikan ini. Untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui dan mengenal ikan buntal supaya jika kita menjumpainya, kita bisa menghindarnya.

Ikan Buntal

Berikut adalah informasi mengenai ikan buntal.

Nama / SpeciesIkan Buntal
Nama LatinColomesus psittacus (Bloch & schneider, 1801)
Kingdomanimallia
Filum / DivisiChordata
FamiliTetraodontidae
GenusDiodon Holocanthus
DeskripsiIkan buntal umumnya dipercaya sebagai vertebrata paling beracun di dunia setelah katak emas. Organ-organ dalam seperti hati dan kadang kulit ikan buntal  sangat beracun bagi sejumlah hewan jika mereka memakannya. Namun daging beberapa sepisies ikan ini dijadikan makanan di Jepang, Korea (disebut bok), dan Cina yang disiapkan oleh juru masak yang mengetahui bagian tubuh mana yang aman dimakan dan seberapa banyak kadarnya.
Patogenpatogen buntal
DampakRacun yang terdapat pada bagian dalam ikan buntal ini dinamakan Tetrodotoksin (TTX). Dosis mematikan racun ikan buntal bagi manusia diperkirakan 2 mg TTX. Racun ini sangat mematikan dan akan bereaksi pada korbannya hanya dalam waktu kurang dari setengah jam. Oleh karena itu pada umumnya di restoran tertentu makanan ini akan dihidangkan oleh sang koki setengah jam setelah masak dan dicoba oleh Chef koki tersebut sebelum dihidangkan untuk menjamin keamanannya.
Nama UmumBanded Pipefish, Banded Puffer, Parot Pufferfish
Status di IndonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliPantai Paria (Atlantik) hingga Sungai Amazon di Brazil.
Penyebaran Daerah AsingBrazil, Prancis Guiana, Guyana, Trinidad, Venezuela, dan Suriname.
Karakteristik KhususMempunyai kemampuan untuk menggembungkan badannya sebagai pertahanan diri dan terdapat duri-duri yang beracun pada tubuhnya Ikan kecil pemakan daging

Demikianlah informasi mengenai ikan buntal atau ikan fugu. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Referensi:

Posting Komentar untuk "Ikan Buntal"