Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan yang Hidup di Air Laut dengan Kadar Garam Tinggi Beradaptasi dengan Cara Apa?

Ikan air laut berbeda dengan ikan air tawar. Ikan air laut beradaptasi dengan lingkungan dengan cara yang berbeda dengan ikan air tawar. Lalu ikan yang hidup di air laut dengan kadar garam tinggi beradaptasi dengan cara apa?
Ikan yang Hidup di Air Laut


Ikan laut adalah spesies ikan yang hidup di dalam air laut. Berbeda dengan ikan air tawar yang menghendaki lingkungan hidup dengan kadar garam yang lebih rendah daripada kadar garam dalam cairan tubuhnya, ikan laut dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang memiliki kadar garam yang lebih tinggi dibandingkan dengan kadar garam dalam cairan tubuhnya. Ikan laut mempunyai cairan tubuh berkadar garam lebih rendah dibandingkan kadar garam di lingkungannya.

Ikan yang hidup di air laut dengan kadar garam tinggi beradaptasi dengan cara lebih sedikit mengeluarkan urin dibandingkan dengan ikan yang hidup di air tawar. Air laut lebih banyak mengandung garam. Kadar garam yang tinggi juga menyebabkan cairan tubuh keluar terus menerus. Garam juga masuk ke dalam tubuh dan harus dikeluarkan. Selain itu ikan yang hidup di air laut juga beradaptasi dengan cara banyak meminum air laut dan sedikit mengeluarkan urin.

Adaptasi pada ikan yang hidup di air laut ini termasuk jenis adaptasi fisiologi, yaitu adaptasi yang meliputi fungsi alat-alat tubuh.

Demikianlah cara ikan air laut berdaptasi. Jadi,  ikan yang hidup di air laut dengan kadar garam tinggi beradaptasi dengan cara banyak meminum air laut dan sedikit mengeluarkan urin.


Sumber:
Kontributor Wikipedia, "Adaptasi," Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Adaptasi&oldid=13338310 (diakses pada 3 September 2018). 
Kontributor Wikipedia, "Ikan laut," Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Ikan_laut&oldid=11481986 (diakses pada 3 September 2018).

Posting Komentar untuk "Ikan yang Hidup di Air Laut dengan Kadar Garam Tinggi Beradaptasi dengan Cara Apa?"