Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Ikan Koi

Sebelum membahas tentang jenis-jenis ikan koi, mari kita bahas dulu apa itu ikan koi. Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang mempunyai warna bervariasi dan mencolok. Ikan koi merupakan sejenis ikan mas, oleh sebab itu di Indonesia ikan koi juga dinamai ikan mas koi. Ikan koi biasanya dijadikan hiasan di kolam koi yang ditempatkan di luar ruangan.
ikan koi

Jenis-jenis Ikan Koi

Varietas atau jenis-jenis ikan koi dibedakan berdasarkan warna, pola, dan ukurannya. Beberapa unsur warna utamanya yaitu putih, hitam, merah, kuning, biru, dan krem. Di samping warna utama tersebut, juga memungkinkan terdapat unsur warna lain yang hampir tak terbatas. Jenis ikan koi paling pouler adalah jenis ''Gosanke'', yang terdiri dari Kohaku, Taisho Sanshoku, and Showa Sanshoku.

Varietas atau jenis ikan koi baru masih dikembangkan secara aktif. Jenis ikan koi hantu dikembangkan pada tahun 1980-an dan sangat populer di Britania Raya waktu itu; jenis ikan koi hantu adalah persilangan dari ikan mas liar dan ikan koi ogon, dan yang membedakannya dengan jenis ikan koi lain adalah dari sisik metalik mereka. Jenis ikan koi Kupu-kupu (juga dikenal sebagai koi longfin, atau ikan mas naga), juga dikembangkan pada tahun 1980-an, yang terkenal karena siripnya yang panjang dan mengalir. Ikan koi kupu-kupu adalah persilangan dari koi dengan ikan mas Asia. Namun kedua jenis ikan koi tersebut (koi Kupu-kupu dan koi hantu) dianggap oleh beberapa orang sebagai nishikigoi yang tidak benar.

Berikut adalah jenis-jenis ikan koi yang paling dikenal
  • Ikan koi kohaku adalah jenis ikan koi yang berkulit putih, dengan tanda merah besar di bagian atas. Nama tersebut berarti "merah dan putih". Kohaku adalah varietas ikan hias pertama yang didirikan di Jepang (pada akhir abad ke-19).

ikan koi kohaku
ikan koi kohaku
  • Ikan koi Taisho Sanshoku (atau ikan koi Taisho Sanke) sangat mirip dengan kohaku, bedanya ada penambahan tanda hitam kecil yang disebut sumi.
  • Ikan koi Showa Sanshoku (atau Ikan koi Showa Sanke) adalah ikan koi hitam dengan tanda merah dan putih.
ikan koi showa sanke
ikan koi showa sanke
  • Ikan koi Tancho adalah ikan koi dengan bercak merah tunggal di kepalanya.
  • Ikan koi Chagoi atau ikan koi "berwarna teh"koi ini dapat memiliki warna dari hijau pucat zaitun atau coklat tembaga hingga copper atau perunggu dan baru-baru ini, dapat memiliki nuansa oranye gelap dan lembut. Ikan koi Chagoi Terkenal karena jinaknya, kepribadiannya yang ramah dan ukurannya yang besar.
  • Ikan koi Asagi adalah koi berwarna biru muda di atas dan biasanya merah di bawah, tetapi juga kadang-kadang kuning pucat atau krem, umumnya di bawah garis rusuk dan di pipi.
  • Ikan koi Chagoi Utsurimono adalah koi hitam dengan tanda putih, merah, atau kuning, dalam pola warna zebra.
  • Ikan koi Chagoi Bekko adalah koi putih, merah, atau kuning dengan tanda hitam sumi.
  • Ikan koi Chagoi Goshiki adalah koi gelap dengan pola hi merah (Gaya Kōhaku). Nama Jepang berarti "lima warna". Tampaknya mirip dengan Asagi, dengan sedikit atau tidak hi di bawah garis rusuk dan pola Kōhaku Hi di atas reticulated (pola jaring ikan) timbangan. Warna dasar dapat berkisar dari hampir hitam ke sangat pucat, biru langit.
  • Ikan koi Shūsui adalah ikan koi yang tidak memiliki sisik, kecuali untuk satu garis sisik cermin besar di bagian punggung, membentang dari kepala ke ekor. Jenis Shūsui yang paling umum memiliki warna pucat, biru langit / abu-abu di atas garis rusuk dan merah atau oranye (dan jarang sekali yang sangat cerah) di bawah garis rusuk dan di pipi.
  • Ikan koi Kinginrin adalah koi dengan sisik logam (berkilauan, serpihan logam). Namanya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "skala emas dan perak"; sering disingkat Ginrin. Versi Ginrin terjadi pada hampir semua jenis koi lainnya, dan mereka semua modis. Skala berkilau dan berkilauan mereka kontras dengan kulit dan sisik yang halus dan merata, yang terlihat dalam varietas Ogon. Baru-baru ini, karakteristik ini telah dikombinasikan untuk menciptakan varietas ginrin Ogon baru.
  • Ikan koi Kawarimono adalah istilah "catch-all" untuk koi yang tidak dapat dimasukkan ke dalam salah satu kategori lainnya. Kawarimono adalah kategori kompetisi, dan banyak varietas baru koi bersaing dalam kategori yang satu ini. Ia juga dikenal sebagai kawarigoi.
  • Ikan koi Ōgon adalah koi metalik dari satu warna saja. Warna yang paling sering ditemui adalah emas, platinum, dan oranye. Spesimen krem sangat langka. Ogon bersaing dalam kategori Kawarimono.
  • Ikan koi Kumonryū (secara harfiah berarti "sembilan naga bertato") adalah ikan bersisik doitsu hitam dengan tanda-tanda putih keriting. Pola ini dianggap mengingatkan pada lukisan tinta naga Jepang. Mereka terkenal berubah warna dengan musim. Kumonryu bersaing dalam kategori Kawarimono.
  • Ikan koi Ochiba adalah koi berwarna biru / abu-abu dengan pola tembaga, perunggu, atau kuning (gaya Kohaku), mengingatkan pada daun musim gugur di atas air.
  • Ikan koi Koromo adalah ikan putih dengan pola gaya Kohaku dengan sisik biru atau bermata hitam hanya di atas pola hi. Varietas ini pertama kali muncul pada 1950-an sebagai persilangan antara Kohaku dan Asagi. Koromo yang paling sering ditemui adalah Ai Goromo, yang berwarna seperti Kohaku, kecuali masing-masing sisik dalam patch merah memiliki biru atau ujung hitam untuk itu. Yang kurang umum adalah Budo-Goromo, yang memiliki overlay yang lebih gelap (burgundy) yang memberikannya penampilan tandan buah anggur. Dan yang sangat jarang terlihat adalah Tsumi-Goromo, yang mirip dengan Budo-Goromo, tetapi pola hi nya seperti burgundy gelap yang tampaknya hampir hitam.
  • Ikan koi Hikari-moyomono adalah koi dengan tanda berwarna di atas dasar logam atau dalam dua warna metalik.
  • Ikan koi Kikokuryū (secara harfiah berarti"berkilau" atau "naga hitam berkilauan") adalah versi berkulit logam dari Kumonryu.
  • Ikan koi Kin-Kikokuryū (secara harfiah berarti "naga emas berkilau hitam" atau "naga berkilauan emas") adalah versi berkulit logam dari Kumonryu dengan pola hi Kohaku yang dikembangkan oleh Mr. Seiki Igarashi dari Kota Ojiya. Setidaknya enam subvarietas genetik yang berbeda dari varietas umum ini terlihat.
  • Ikan koi Hantu adalah persilangan dari Ogon dan ikan mas liar dengan sisik logam, dianggap oleh beberapa orang bukan sebagai ikan koi (nishikigoi).
  • Ikan koi Kupu-kupu adalah hibrida ikan koi dan Asia dengan sirip yang panjang. Jenis ikan koi ini juga dianggap oleh beberapa orang bukan termasuk ikan koi (nishikigoi).
  • Ikan koi Doitsu-goi berasal dari persilangan berbagai varietas yang berbeda dengan ikan mas Jerman "tanpa skal" (umumnya, ikan dengan hanya satu garis sisik di sepanjang sisi sirip punggung). Juga ditulis sebagai 独 逸 鯉, empat jenis utama dari pola skala Doitsu ada. Jenis pertama adalah jenis yang paling umum (disebut di atas) memiliki deretan sisik yang dimulai di depan sirip dorsal dan berakhir di ujung sirip punggung (di sepanjang kedua sisi sirip). Jenis kedua memiliki deretan sisik yang dimulai di mana kepala memenuhi bahu dan menjalankan seluruh panjang ikan (di sepanjang kedua sisi). Jenis ketiga adalah sama dengan yang kedua, dengan penambahan garis (sering cukup besar) skala yang berjalan di sepanjang garis rusuk (sepanjang sisi) ikan, juga disebut sebagai "cermin koi". Jenis keempat (dan paling jarang) disebut sebagai "baju besi koi" dan benar-benar (atau hampir) ditutupi dengan sisik yang sangat besar yang menyerupai piring baju besi. Ikan koi Doitsu-goi juga disebut Kagami-goi atau ikan mas cermin.
Demikianlah pembahasan mengenai "jenis-jenis ikan koi".

Referensi:
Wikipedia contributors, "Koi," Wikipedia, The Free Encyclopedia, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Koi&oldid=851121774 (accessed September 4, 2018).

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Ikan Koi"