Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Koi Kohaku

Ikan koi kohaku adalah salah satu jenis ikan koi hias. Ikan koi Kohaku memiliki tubuh putih (shiro), dengan tanda merah atau 'hi' di seluruh tubuhnya. Ikan koi kohaku adalah salah satu gosanke, yakni 'Tiga Besar' jenis ikan koi yang terdiri dari Kohaku, Sanke, dan Showa.

Ikan Koi Kohaku

The Kohaku berkembang biak diyakini menjadi salah satu varietas ikan hias pertama yang dikembangkan. Varietas tersebut berasal dari tahun 1888, ketika seorang pria bernama Kunizo Hiroi memelihara seekor koi betina berkepala merah bersama salah satu dari jantannya sendiri, yang tanda-tandanya menyerupai bunga sakura, sehingga menciptakan garis darah Gosuke yang sudah punah dari mana semua garis keturunan Kohaku yang dikenal terbentuk (Tomoin , Sensuke, Yagozen, Manzo). Sekarang, Tomoin dan Yagozen adalah dua garis keturunan mayoritas Kohaku yang tersisa di Jepang. Tanda merah terang pada ikan koi kohaku dikenal sebagai hi (緋).

Karakteristik ikan koi kohaku

Kohaku dikembangbiakkan agar memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Hi (tanda merah) harus cerah, dan warnanya harus merata di seluruh tubuh. Hi seharusnya tidak memiliki sisik putih di dalamnya (ini dianggap sebagai kesalahan serius). Penandaannya harus seimbang, meskipun tidak terlalu simetris.
  • Tepi hi harus didefinisikan dengan baik. Ujung-ujungnya tidak pernah setajam dekat kepala karena mereka berada di dekat ekor, tetapi mereka harus tetap menjadi standar yang baik.
  • Hi seharusnya tidak melampaui mata, tidak ke sirip, tapi standar ini tidak dipatuhi.
  • Hi seharusnya tidak melampaui garis rusuk. Persyaratan ini berasal dari waktu kemudian semua koi dilihat di kolam dari atas. Ikan yang dibesarkan untuk disimpan dalam tangki mungkin tidak harus sesuai dengan standarnya.
  • Hi seharusnya tidak menyebar ke luar lubang hidung, atau seharusnya meluas ke sirip ekor.
  • Pasti ada hi di atas kepala ikan. Ikan tanpa hi di kepala disebut bozu (坊 主 bōzu).
Referensi:
Wikipedia contributors, "Kōhaku (fish)," Wikipedia, The Free Encyclopedia, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=K%C5%8Dhaku_(fish)&oldid=851905764 (accessed September 4, 2018).

Posting Komentar untuk "Ikan Koi Kohaku"