Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Todak

Ikan Todak yang memiliki nama ilmiah Xiphias gladius merupakan sejenis ikan laut yang mempunyai rahang atas dan moncongnya memanjang seperti pedang pipih dan kuat, ukuran moncong tersebut hampir sepertiga panjang badannya. Tubuh ikan todak bentuknya panjang membulat dan panjangnya bisa mencapai 2 - 4,6 m dan bobotnya bisa mencapai hingga 650 kg. Kulit ikan todak licin tidak bersisik, bagian atas tubuhnya berwarna keunguan atau kebiruan dan bagian bawah tubuhnya keperakan. Ikan todak banyak terdapat di perairan tropis dan perairan iklim sedang. Ikan todak banyak ditemukan di daerah tropis dan beriklim Atlantik, Pasifik, dan Samudera Hindia, dan biasanya dapat ditemukan dari dekat permukaan hingga kedalaman 550 m (1.800 kaki).
ikan todak

Tubuh Ikan Todak

Pedang atau moncong ikan todak memungkinkan ikan todak bisa menyibak air dengan mudah dan lincah. Selain itu fungsi pedangnya itu adalah untuk memukul dan melukai mangsanya sehingga mudah ditangkap.
Ikan todak betina mempunyai tubuh yang lebih besar daripada ikan todak jantan.
Ikan todak termasuk hewan berdarah dingin, tetapi mereka memiliki organ khusus di dekat mata untuk menghangatkan mata dan juga otak mereka. Pemanasan mata tersebut meningkatkan penglihatannya, dan meningkatkan kemampuannya dalam menagkap mangsa. Dari lebih dari 25.000 spesies ikan bertulang sejati, hanya ada 22 jenis yang diketahui bisa menghangatkan bagian tubuhnya tertentu di atas suhu air sekitarnya. Di antaranya adalah ikan todak, marlin dan tuna. 

Makanan Ikan Todak

Makanan ikan todak dewasa berupa ikan-ikan pelagis seperti tuna kecil, lemadang, barakuda, dan ikan terbang, makarel, dan juga spesies bentik seperti hake dan rockfish. Di Atlantik Utara bagian barat, makanannya ikan todak yang populer adalah cumi-cumi.
Ikan todak dewasa memiliki sedikit pemangsa, tetapi ikan todak muda sangat rentan dimakan ikan pelagis besar.

klasifikasi Ikan Todak

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Xiphiidae
Genus: Xiphias
Spesies: X. gladius


Sumber:
Kontributor Wikipedia, "Todak," Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Todak&oldid=13404501 (diakses pada Desember 2, 2017).

Posting Komentar untuk "Ikan Todak"