Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Ikan Koi Bisa Dimakan?

Apakah ikan koi bisa dimakan? Jawabannya saya tidak bisa memastikan. Namun penjelasan dalam artikel ini setidaknya bisa menjadi pertimbangan. Dan silahkan bisa Anda simpulkan sendiri.
Di sebuah forum tanya jawab yang terkenal di internet yakni Quora terdapat sebuah pertanyaan tentang “Apakah aman makan ikan koi?”. Ada beberapa jawaban atas pertanyaan ini di forum tanya jawab tersebut.

ikan koi
via pixabay
Ada yang berpendapat bahwa pada umumnya ikan koi tidak aman dimakan. Tapi itu bukan berarti tidak boleh memakan ikan. Namun kebanyakan peternakan "koi" komersial dan kolektor koi menggunakan bahan kimia yang membuat ikan koi tidak aman untuk dikonsumsi manusia.


Ada juga yang mengatakan bahwa koi adalah ikan mas hias dan Ikan mas bisa dimakan. Setiap ikan air tawar bisa dimakan. Bergantung pada air yang ada di dalamnya, yang selanjutnya akan menentukan rasanya. Beberapa orang memindahkannya koi besar ke tangki air tawar bersih selama beberapa minggu untuk membuat rasanya lebih baik. Namun, harga ikan Koi mahal untuk dibeli dan dimakan. Di Amerika Serikat, ikan koi besar bisa harganya bisa mencapai $ 400 - $ 2.000,00, tergantung jenisnya.

Selain itu dalam forum tersebut ada juga yang setuju dengan penjawab sebelumnya yang telah memperingatkan untuk tidak memakan ikan yang telah diobati dengan bahan kimia.

Ada penjawab lain yang mengatakan koi mungkin diberi makan dengan bahan makanan yang tidak sesuai untuk konsumsi manusia dan beberapa obat yang digunakan untuk akuakultur tidak dimaksudkan untuk ikan yang dimatangkan untuk makanan. Namun jika koi dibesarkan dengan pakan dan bahan kimia lain yang dianggap sesuai untuk dikonsumsi manusia, Anda biasanya bisa memakannya dengan efek buruk.

Itulah beberapa jawaban atas pertanyaan “Apakah aman makan ikan koi?” di forum Quora. Jadi apa kesimpulannya? Apakah ikan koi bisa dimakan? Saya tidak bisa menjawab. Namun sebaiknya jangan dimakan jika ikan koi tersebut terkontaminasi bahan kimia berbahaya. Lagian rasa ikan koi tidak lebih baik dari ikan lain yang biasa dikonsumsi karena memang ikan ini tidak ditujukan untuk dikonsumsi. Namun jika ikan koi tersebut aman dari bahan kimia berbahaya, ya silakan saja jika mau dimakan.

Referensi:
Kontributor Quora, Is it safe to eat koi fish? | Marine Biology, Quora, https://www.quora.com/Is-it-safe-to-eat-koi-fish (diakses pada 3 Januari 2017)
Kunjungi:

Posting Komentar untuk "Apakah Ikan Koi Bisa Dimakan?"