Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Yang Mengandung Omega 3 Paling Tinggi

Ikan merupakan sumber omega 3 yang terbaik. Namun, jenis ikan apa yang mengandung omega 3 paling tinggi? Kita akan membahasnya pada artikel kali ini. Selain dari ikan, omega 3 juga bisa ditemukan dalam berbagai sumber makanan, seperti bayam, sawi, kenari, biji rami (dan minyak biji rami), kedelai dan minyak canola, dan biji labu. Asam lemak omega-3 bisa menurunkan risiko penyakit jantung terutama dengan menurunkan trigliserida dan melawan peradangan.

Menurut wikipedia Sumber makanan yang paling banyak mengandung EPA dan DHA (sejenis omega 3) adalah ikan berminyak, seperti salmon, herring, mackerel, anchovy, menhaden, dan sarden. Jadi bisa disimpulkan itulah ikan-ikan yang mengandung omega 3 paling tinggi. Selain itu ikan berminyak lain seperti tuna, juga mengandung n-3 dalam jumlah yang agak kurang. Perlu diketahui bahwa ikan berminyak memiliki potensi adanya logam berat dan polutan yang larut dalam lemak seperti PCB dan dioksin. Namun setelah ditinjau secara ekstensif oleh periset dari Harvard School of Public Health di Journal of American Medical Association (2006), ia melaporkan bahwa pada umumnya manfaat asupan ikan jauh lebih besar daripada risiko potensialnya.
omega-3
via pixabay

Meskipun ikan merupakan sumber makanan yang mengandung asam lemak omega-3 bahkan beberapa ikan mengandung omega 3 yang tinggi tetapi sebenarnya ikan tidak mensintesis omega 3; ikan-ikan tersebut mendapatkan omega 3 dari ganggang (khususnya mikroalga) atau dari plankton yang mereka makan.

Tidak semua ikan mengandung omega 3 yang tinggi. Ada juga ikan yang mengandung omega 3 yang rendah. Untuk itu berikut adalah tabel Ikan Yang Mengandung Omega 3 yang diurutkan dari yang Paling Tinggi ke yang paling rendah.



Jenis ikan
Total kandungan omega-3 per 3.5 ons (gram)
Makarel
2.6
Trout, danau
2.0
Herring
1.7
Tuna, sirip biru
1.6
Salmon
1.5
Sarden, kalengan
1.5
Sturgeon, Atlantik
1.5
Tuna, albacore
1.5
Whitefish, lake
1.5
Ikan Teri
1.4
Bluefish
1.2
Bass, bergaris
0.8
Trout, brook
0.6
Trout, rainbow
0.6
Halibut, Pasifik
0.5
Pollock
0.5
Hiu
0.5
Sturgeon
0.4
Bass, air tawar
0.3
Lele
0.3
Ocean perch
0.3
Flounder
0.2
Haddock
0.2
Snapper, merah
0.2
Ikan Bandeng
0.2
Sole
0.1



Itulah tabel tentang kandungan omega 3 pada beberapa jenis ikan. Dengan melihat tabel di atas Anda bisa memperkirakan ikan mana yang mengandung omega 3 paling tinggi. Semoga bermanfaat.

Referensi:
Kunjungi:

Posting Komentar untuk "Ikan Yang Mengandung Omega 3 Paling Tinggi"