Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Ikan Naik ke Permukaan?

Pernahkah Anda menjumpai ikan yang naik ke permukaan air dan membuka mulutnya ke udara. Kira-kira kenapa ikan itu naik ke permukaan? Dan kenapa pula ikan itu memasukkan mulutnya keluar dari air? Perilaku ikan ini bisa disebabkan beberapa hal, yaitu:
  • Makan

Banyak ikan yang makan di permukaan air, dan di penangkaran banyak ikan terbiasa naik ke permukaan untuk mengambil makanan yang terapung. Mereka juga terbiasa naik ke permukaan saat ada isyarat gerakan di luar tangki (ikan-ikan itu mengira kalau makanan itu datang dan sampai di permukaan). Jika Anda memberi makan ikan mas pada waktu yang sama setiap hari, ikan akan segera belajar mengantisipasi makanan pada waktu itu dan akan berenang ke puncak tangki untuk menunggu makanan. Ikan mas juga bisa belajar asosiatif, Jika Anda memperhatikan bahwa ikan mas berenang ke puncak tangki atau ke sisi tangki saat Anda berjalan di ruangan, ikan bisa merespons kehadiran Anda, terutama jika Anda adalah orang yang memberinya makanan. Ini disebut belajar asosiatif. Ikan telah belajar untuk mengasosiasikan Anda dengan makanan.
kenapa ikan naik ke permukaan
via pixabay
  • Menghirup udara

Perlu diketahui bahwa banyak jenis ikan yang benar-benar menghirup udara. Contoh yang paling jelas yaitu lungfish tapi ada juga jenis ikan lainnya. Misalnya anabantoids atau ikan labirin - yang termasuk ikan peliharaan yang populer seperti gouramis dan siamese fighters. Ikan ini memiliki kantung kemih yang dimodifikasi (disebut organ labirin) yang digunakan pada dasarnya sebagai paru-paru. Mengambil tegukan udara di permukaan membantu mereka bertahan di kolam stagnan kecil dengan oksigen terlarut rendah.
  • Kekurangan Oksigen

Menelan di permukaan bisa menjadi tanda kesusahan bagi ikan yang disebabkan oleh kualitas air yang buruk. Sayangnya banyak orang menyimpan ikan di dalam tangki atau bahkan yang lebih parah lagi di mangkuk yang ukurannya terlalu kecil dan kurang filtrasi. Jika ikan Anda berenang di permukaan dan tampaknya terengah-engah, mungkin ikan itu menderita hipoksia, atau kekurangan oksigen. Hal ini bisa terjadi jika tangki Anda tidak memiliki cukup oksigen terlarut untuk memenuhi kebutuhan ikan.

Itulah beberapa alasan kenapa ikan naik ke permukaan dan kenapa ikan memasukkan mulutnya keluar dari air.


Referensi:
Kunjungi:
Edutorial

Posting Komentar untuk "Kenapa Ikan Naik ke Permukaan?"